Minggu, 08 September 2013

Pengobatan Hati Paling Manjur dan Efektif Ala Opick



Hati adalah segumpal darah yang apabila darah itu "baik" maka baik pula semua anggota tubuh, sebaliknya jika segumpal darah itu buruk maka menjadi buruklah semua anggota tubuh. Hati yang buruk sesungguhnya adalah hati yang terwabah penyakit. Diantara penyakit-penyakit hati adalah hasut, iri, dengki, sombong, tidak ikhlas dalam beramal dan lain sebagainya. Manusia yang dimuliakan Allah sesungguhnya mengetahui, kecuali maut/ kematian, semua penyakit ada obatnya. Demikian pula dengan Penyakit Hati, tentulah pasti ada obatnya.

Bait-bait syair lagu tombo Ati dari mas Opick membuat hati serasa terobati. Apalagi "Pas" sekali dengan warna suara mas Opick yang sangat sejuk membuat hati yang mendengarkan menjadi teduh dan damai. Obat hati memang obat yang pas di hati.
Coba sama-sama kita nyanyikan ya :)

La la la la la la la la la la....
obat hati ada lima perkaranya
yang pertama, baca Qur’an dan maknanya
yang kedua, sholat malam dirikanlah
yang ketiga, berkumpullah dengan orang sholeh
yang keempat, perbanyaklah berpuasa
yang kelima, dzikir malam perpanjanglah
salah satunya siapa bisa menjalani

Hmm... hati terasa tentram dan damai :)
Alhamdulillah..

Dari kalangan tua maupun muda, di radio maupun televisi kita telah sering mendengarkan lagu ini, sebab lagu tombo ati ini telah menjadi populer bahkan telah banyak pula dinyanyikan (remix) oleh banyak penyanyi lain dari beberapa aliran jenis musik.

Berikut ini penjelasan lima jenis obat hati yang sangat ampuh dan mujarab ala mas Opick.

1. Membaca Al-Qur'an Dan Maknanya
Menurut para ahli tafsir nama lain dari Al-Qur'an adalah “Asysyifâ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.
Bila saja kita mampu membaca Al-Qur’an dengan baik setiap harinya, insyaAllah tentu kita akan mampu berinteraksi dengan eksistensi Allah, karena di sana dikumpulkan segala macam firman Allah yang memberi petunjuk agar manusia melakukan kebaikan kepada sesama manusia dan perintah ibadah kepada Allah.

2. Mendirikan Sholat Malam
Melapor kepada Allah tentang apa yang terjadi kepada dirinya, dan memohon ampun dari segala dosa dan kekhilafan. Di saat-saat sepertiga malam itulah, doa-doa kita lebih didengar oleh sang maha Pencipta. Sebab komunikasi dengan Allah serasa cepat, karena hanya sedikit hambaNya yang memohon di sepertiga malam itu.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala di dalam Al-Qur'an berfirman :
"Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji."

3. Berkumpul Dengan Orang Sholeh
Selain mengaji dan mempelajari Al-Qur'an salah satu cara untuk menjaga iman kita yaitu dengan berkumpul dengan orang-orang sholeh dan bersabar bersama mereka, sebagaimana yang Allah firmankan,
".....dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas".
(QS. Al-Khafi : 28)

4. Perbanyak Berpuasa
Menurut Fat-hiy Yakan (1984: 119-124) puasa merupakan pembersih jiwa yang paling kuat terutama untuk melawan hawa nafsu yang menjadi pangkal dari kotornya hati. Selain itu dengan puasa perasaan menjadi halus dan peka, pikiran jernih dan nafsu buruk melemah.

5. Memperpanjang Dzikir Malam 
Selalu mengingat Allah menjadi suatu kemestian dan keniscayaan sehari-hari orang beriman. Dzikrullah (kalimat dzikir kepada Allah) adalah salah satu ritual rutin kehidupan sehari-hari yang disunnatkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Sallam. Dengan dzikrullah hati akan menjadi tenteram, jiwa menjadi tenang. Dengan hati dan jiwa yang tenang, seorang muslim menjalani hidup dengan penuh kedamaian.
Hati dan jiwa yang tenang dan tenteram, akan mengantarkan manusia kepada keluhuran. Bagi orang beriman, kenteraman jiwa yang lahir dari zikrullah akan mengantarkan ruhnya menuju Allah Rabbul 'Izzah, dalam keadaan yang tenang dan tenteram pula.

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."
(QS. Ar-Ra'd [13] : 28)

Obat hati yang terdiri dari 5 perkara insyaAllah membuat hati kita merasakan kenikmatan tiada terkira, marilah senantiasa kita berdoa kepada Allah agar Ia memberikan kesanggupan dalam menjalankan kelima perkara itu dengan baik dan semoga Allah meridhoi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar