Rabu, 04 September 2013

Diet dengan Puasa Ala Deddy Corbuzier - OCD

Pengobatan Alternatif Pusat Energi, Menyaksikan tayangan Bukan Empat Mata di salah satu stasiun televisi swasta nasional edisi 4 september 2013 menginspirasi energi penulis untuk kembali menggali makna dan manfaat berpuasa bagi kesehatan terutama berhubungan  dengan pola diet.
Dalam tayangan tersebut seorang bintang tamu tidak lain adalah seorang pakar mentalis di negeri ini yaitu Deddy Corbuzier membagikan tips diet dengan tehnik berpuasa yang sebetulnya sudah sangat familiar dikalangan umat islam.
Deddy Corbuzier menamakan tehnik tersebut dengan istilah OCD yang merupakan kependekan dari Obsessive Corbuzier Diet.
Diet dengan Puasa Ala Deddy Corbuzier - OCD
Pengobatan Alternatif Pusat Energi menyaksikan, menurut Deddy, program dietnya ini bisa dibilang tidak umum karena bukan diet ketat dan menjenuhkan. Kita dapat makan makanan yang disukai. Cara diet Dedy ini menekankan pada pola puasa dan bisa tetap makan setiap hari. Cara dietnya menjadi kontroversial karena banyak yang tidak sejalan dengan program diet pada umumnya. Beberapa diantaranya yaitu: Tidak sarapan, Berpuasa dalam 16, 18, 20 dan 24 jam, Bebas memakan apapun, dan Berolahraga ketika Puasa.

Pengobatan Alternatif Pusat Energi mendapatkan, dalam situs resminya, Deddy Corbuzier memberi kebebasan pada pengunjung web untuk mengunduh sebuah ebook tentang program diet tersebut. Dedy juga ‘mengklaim’ bahwa program diet yang dijalankannya dapat membuat awet muda. Dia sendiri mengatakan bahwa cara diet itu ditemukannya secara tidak sengaja saat bertemu sopir taksi di Hongkong yang secara fisik terlihat seperti berumur 40 tahun namun ternyata telah berumur 70 tahun.

Deddy menjelaskan, diet OCD sama saja dengan berpuasa. Bedanya OCD bukan puasa untuk mendapat pahala tapi dalam program penurunan berat badan. Pria 38 tahun itu menuturkan bahwa orang yang menjalankan program OCD mampu memangkas timbunan lemak pada tubuhnya serta bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Menurut Deddy perbedaan OCD dengan Puasa kaum muslim adalah pada pola puasa muslim tubuh tidak mengkonsumsi makanan dan minuman mulai fajar sampai terbenamnya matahari (di Indonesia berarti menahan lapar dan dahaga selama 13 jam) sedangkan pada Obsessive Corbuzier’s Diet waktu puasanya adalah 16 jam, 18 jam, 20 jam bahkan 24 jam. Pada puasa Obsessive Corbuzier’s Diet, pelaku diet masih diizinkan mengkonsumsi dan minuman namun dengan syarat 0 kalori.Pengobatan Alternatif Pusat Energi memperhatikan ternyata pada Obsessive Corbuzier’s Diet, tidak ada pantangan apapun dalam mengkonsumsi makanan di waktu makan sehingga Obsessive Corbuzier’s Diet cocok bagi pelaku diet yang tidak dapat menghindari gorengan, santan dan makanan junk food lainnya.

Secara umum berikut ini aturan- aturan program OCD yang ditangkap oleh Pusat Energi

1.Tidak boleh sarapan
Umumnya berbagai penelitian meyakini jika seseorang tidak sarapan memicu peningkatan berat badan, namun diet ala Deddy ini justru mengklaim hal sebaliknya. Menurut Deddy, justru 
tidak sarapan akan jauh lebih baik dibanding tidak makan malam. Jadi ketika menjalani diet OCD, pelaku dilarang keras untuk sarapan.


2.Puasa hingga 24 jam
Deddy memberikan waktu puasa dengan 4 pola yaitu selama 16 jam, 18 jam, 20 jam, hingga 24 jam (pelaku dilarang makan makanan yang berkalori, sementara minum air putih saja masih dibolehkan). Artinya, pelaku diet boleh makan 8 jam, 6 jam, 4 jam, atau sekali saja dalam sehari (waktu ini kemudian disebut dengan jendela makan oleh Deddy).

Secara detil, jika puasa 16 jam, pelaku diet hanya boleh makan selama 8 jam sehari. Namun ketika memasuki waktu jendela makan, pelaku dilarang rakus. Misalnya, jendela makan diawali jam satu siang, berarti pelaku bisa bebas makan sampai jam sembilan malam kemudian puasa sampai keesokan harinya pada waktu serupa.

Deddy menganjurkan puasa selama 16 jam, 18 jam, dan 20 jam dilakukan secara bertahap. Sementara itu, puasa 24 jam bisa dijalani sebanyak satu sampai dua kali saja dalam seminggu.


3.Bisa makan apa saja
Di dalam aturan Obsessive Corbuzier's Diet, tidak ada aturan pelaku diet harus makan apa. Namun Deddy menyebutkan, jika bisa makan makanan sehat, hal itu justru sangat baik. Meskipun tentu saja jarang ada orang yang mau melakukannya. Bahkan Deddy sendiri juga menggabungkan konsumsi makanan sehat dan junk food.

4.Olahraga
OCD juga menyarankan agar pelaku melakukan olahraga, namun bukan kardio seperti yang selama ini dianjurkan para ahli. Bahkan olahraga harus dilakukan ketika perut dalam keadaan kosong atau saat puasa. Deddy juga memperkenalkan O7W atau olahraga 7 menit OCD yang dijelaskan lengkap dalam buku elektroniknya.

5.Pendapat tentang kolesterol
Satu lagi aturan OCD yang cukup kontroversial adalah pendapat Deddy tentang kolesterol. Menurutnya, kolesterol bukan penyebab kematian akibat penyakit jantung. Bahkan semakin tinggi kadar kolesterol, semakin tinggi usia seseorang. Jadi tidak perlu menghindari makanan yang mengandung kolesterol. Bahkan ketika menjalani OCD, makanan berkolesterol malah menguntungkan dan memaksimalkan hasil diet.



Ternyata, sejak e-book OCD dirilis ke dunia maya 2 bulan lalu, berbagai kontroversi terkait Obsessive Corbuzier Diet.

1. Anjuran Puasa
Menurut Deddy sejak merilis e-book OCD ada beberapa ahli gizi yang mengkritiknya. Mereka mengatakan cara puasa ala Deddy tidak benar. Puasa yang disebutkan dalam OCD, dikatakan bisa berisiko membuat wanita menjadi tidak subur. "Kalau mereka mengatakan puasa salah, mereka nggak menyerang saya, tapi menyerang semua agama karena semua agama mengajarkan puasa,

2. OCD Buat Otot Mengecil
Deddy juga menyebutkan ada sejumlah orang yang mengklaim sebagai ahli mengatakan OCD bisa membuat otot menjadi mengecil. OCD menyebabkan orang menjadi kurus sehingga ototnya tidak terbentuk. Apa sanggahan Deddy mengenai kritikan itu? "Yang ngomong begitu tunjukinbadannya seperti apa. Kalau badannya masih jelek jangan ngajarin saya. Buktiin saja," jawabnya santai.

3. OCD Tidak Sarapan
Dalam diet ala Deddy ini, pelakunya disarankan tidak makan di pagi hari. Dalam bukunya, pria berkepala plontos ini menulis 'Kesimpulan, makan pagi akan menghambat kesempatan pembakaran lemak anda saat mulai beraktifitas pagi hari setelah puasa tidur. sedangkan makan malam akan dibakar saat anda tidur hingga tidak akan menjadi masalah'. Kesimpulan tersebut dibuat Deddy setelah sebelumnya memuat sejumlah hasil penelitian mengenai sarapan. Sarannya ini yang menjadi kontroversi karena sampai saat ini masih banyak ahli yang tetap menyarankan sarapan. Sarapan dianggap memiliki efek positif ketimbang efek negatifnya. Sejumlah penelitian menyebutkan orang yang sarapan, memiliki memori dan kemampuan otak.

4. OCD Bisa Buat Wanita Tidak Subur
Deddy mengatakan ada yang mengkritik OCD dengan menyebutkan cara diet ini bisa mengganggu kesuburan wanita. Menurut Deddy, kritikan tersebut datang dari orang yang mungkin tidak membaca dengan benar hasil sebuah penelitian. Sepengetahuannya, penelitian yang mengatakan wanita bisa terganggu kesuburannya karena puasa dilakukan pada tikus. "Tikus wanita yang berpuasa terganggu karena tikus adalah makhluk jenis mengumpulkan makanan, manusia adalah food hunter, pencari makanan. Saat tikus tidak diberi makanan stressnya tinggi, hormonnya terganggu," ujarnya.

5. Puasa OCD Buat Metabolisme Menurun
Menanggapi kritik itu Deddy Corbuzier juga menuliskan jawabannya dalam bukunya. Mentalis 38 tahun itu menulis tidak makan sama sekali beda dengan berpuasa. "Penellitian telah membuktikan bahwa dalam hingga 72 jam puasa, metabolisme tubuh tidak akan melambat (Macdonald IA, Webber J, 1995) dan itu bahkan meningkatkan sedikit metabolisme. Ya saya bilang meningkat! (Setelah melewati 72 jam baru akan menurun). hal ini menunjukkan puasa dalam jangka pendek tidak akan menurunkan metabolisme tubuh. Menurut Deddy, Selama seseorang tidak melakukan puasa tanpa makan sama sekali dalam keadaan lama dan masih makan cukup, maka akan baik-baik saja dan bahkan akan meningkatkan metabolisme tubuh orang tersebut.

Apakah anda tertarik dengan OCD sebagai alternatif pola diet?

x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar